Para peneliti dari Universitas Illinois telah menemukan bahwa kode dari suatu DNA dapat membentuk struktur dari suatu logam.

Team tersebut menemukan bahwa bagian/segmen dari suatu DNA dapat secara langsung membentuk nanopartikel emas-kristal emas yang tipis yang berguna dalam bidang kedokteran, elektronik, dan katalisis.

Dipimpin oleh Yi Lu, Professor Schenck Kimia pada universitas tersebut, team ini mempublikasikan penemuan yang mengejutkan ini dalam Jurnal Angewandte Chemie.

“Sintesis Nanopartikel tersandikan DNA ini dapat memempermudah tetapi merupakan cara yang baru untuk menghasilkan nanopartikel dengan bentuk dan sifat yang dapat diprediksi,” Ujar Lu. “Sebuah penemuan yang berpotensial dibidang bio-nanoteknologi dan aplikasinya sehari-hari seperti sebagai katalis, sensor, pencitraan dan kedokteran.”

“Kami berpikir jika kombinasi sekuen DNA yang berbeda dapat menghasilkan kode genetik secara langsung mensintesis nanomaterial dengan cara yang sama seperti sintesis protein,” ujar Zidong Wang, mahasiswa lulusan S2 dari grup Lu dan penulis pertama dari paper ini.

Nanopartikel emas dibuat dengan cara seeding dalam larutan garam emas. Partikel tumbuh sebagai emas yang terdeposisi dalam larutan. Kelompok Lu menginkubasi biji emas dengan segmen pendek DNA sebelum menambahkan larutan garam, yang menyebabkan partikel untuk tumbuh menjadi berbagai bentuk yang ditentukan oleh kode genetik dari DNA.

Alfabet DNA terdiri dari empat huruf: A, T, G dan C. Kode genetik merujuk pada urutan sekuens, yang disebut basa. Empat basa dan kombinasinya dapat berikatan pada permukaan nano-emas secara berbeda-beda dengan aspek nanoseeds emas dan mengarahkan jalur pertumbuhan nanoseeds ‘, sehingga bentuk yang dihasilkan berbeda.

Dalam percobaan mereka, para peneliti menemukan bahwa pengulangan untai  A yang dihasilkan kasar, partikel emas bulat; T, bintang; C, bulat, cakram datar; G, segi enam. Kemudian kelompok tersebut diuji untai DNA yang merupakan kombinasi dari dua basa, misalnya, 10T dan 20A. Mereka menemukan bahwa kebanyakan basa bersaing satu sama lain menghasilkan bentuk intermediate, meskipun A mendominasi T.

Source : University of Illinois at Urbana-Champaign (2012, August 8). Oh, my stars and hexagons! DNA code shapes gold nanoparticles.ScienceDaily. Retrieved August 9, 2012, from http://www.sciencedaily.com­/releases/2012/08/120808163208.htm