Punica Granatum, Buah Delima adalah buah khas dari kawasan India Utara dan sudah lama dibudidayakan sejak dahulu kala di seluruh daerah Mediteranian. Ekstrak dari buah ini kaya akan sumber antioksidan yang tinggi.

Sekarang seorang botani, Naheed Ahmad dari Universitas Patna, dan juga fisikawan, Seema Sharma dari Kampus AN yang juga di Patna, India bekerja sama untuk mengeksfoliasi kulit buah delima sebagai agen pereduksi untuk membuat nanopartikel perak. Tim ini berkata bahwa pendekatan mereka pada penelitian yang sudah sering dilakukan lebih ramah lingkungan dibandingkan menggunakan agen pereduksi kimia dan pelarut-pelarut industri. Proses ini terhalang dikarenakan membutuhkan panas pada campuran reaksi yang terjadi pada temperatur ambien.

Tim ini menduga adanya kofaktor biologis dalam biomassa Delima yang bertindak sebagai pengganti reagen kimia yang konvensional dalam pembuatan nanopartikel perak dengan larutan Perak nitrat sebagai prekursor.Merka menggunakan Spektroskopi UV-Visible, Transmission electron Microscopy (TEM), X-ray Diffraction (XRD) dan Spektroskopi Fourirer Transform Inframerah untuk menganalisis pembentukan nanopartikel tersebut. Partikel yang dihasilkan mempunyai diameter kira-kira 5 nanometer.

Sumber : Inderscience Publishers (2012, June 19). From pomegranate peel to nanoparticles. ScienceDaily. Retrieved June 21, 2012, from http://www.sciencedaily.com­ /releases/2012/06/120619103944.htm