Peneliti suatu departemen Teknik Kimia dan Institut Kavli, TU DElft telah mendemonstrasikan bahwa elektron dapat bergerak bebas dalam suatu layer nanopartikel semikonduktor terkait dibawah pengaruh cahaya. Wawasan baru ini akan sangan berguna bagi pengembangan Kuantum Dot Sel Surya yang murah dan efisien

Para peneliti mempublikasikan penemuan mereka pada tanggal 25 September pada sebuah situs web Jurnal Ilmiah nanoteknologi alam.

Murah dan Efisien
Panel Sel surya yang terbuat dari kristal silika sekarang mahal untuk diproduksi. Sel surya yang lebih murah sudah tersedia, tetapi tidak efisien. Sebagai contoh, Sel surya Organik mempunyai efisiensi maksimum sebesar 8%. Guna meningkatkan efisiensi sel surya yang murah adalah dengan menggunakan semikonduktor nanopartikel, Kuantum dots. Dalam teorinya, efisiensi sel ini dapat ditingkatkan hingga 44 %.Hal ini disebabkan oleh sebagian efek avalanche, yang telah didemonstrasikan oleh para peneliti dari TU Delft dan The FOM Foundations pada tahun 2008. Pada sel surya yang sekarang, cahaya yang diserap partikel hanya dapat mengeksitasikan satu elektron (membuat pasangan elektron-hole), sedangkan pada Sel surya Kuantum dots, partikel cahaya dapat mengeksitasikan beberapa elektron. Semakin banyak elektron yang tereksitasi, semakin baik efisensi suatu sel surya.

Nanopartikel Terkait
Sampai saat ini, pembuatan pasangan elektron-hole dibawah pengaruh cahaya hanya didemonstrasikan dengan keterbatasan kuantum dot. Untuk menjadi berguna dalam sel surya, perlu diperhatikan bahwa elektron dapat berpindah. Ini yang dapat membuat arus listrik yang dapat diperoleh dari suatu elektroda. Peneliti-peneliti dari Grup riset yang sama, telah mendemonstrasikan bahwa pasangan electron-hole dapat juga bergerak sebagai muatan bebas antara nanopartikel. Mereka berkumpul bersama menjadi sebuah nanopartikel terkait, molekul yang sangat kecil, sehingga mereka sangat padat dalam sebuah kluster sementara masih ada yang terpisah satu sama lain. Nanopartikel juga saling berdekatan di setiap partikel cahaya yang diserap oleh suatu sel surya yang menyebabkan elektron bergerak/berpindah.

Diterjemahkan oleh : Aditya Yudiana
Delft University of Technology. “Cheap and efficient solar cell made possible by linked nanoparticles.” ScienceDaily, 26 Sep. 2011. Web. 27 Sep. 2011.